Organisasi Itu Penting

Organisasi Itu Penting - Studi Manajemen"Organisasi dalam bentuk apapun akan selalu berada dalam kita" Itulah kalimat sederhana yang dituliskan James A.F. Stoner tentang organisasi. Memang benar, organisasi menjadi keseharian dari hidup manusia dengan karakter makhluk sosial. Manusia berusaha bertahan hidup dalam sebuah lingkaran organisasi atau suatu sistem organisme (baca: kehidupan) yang membuat manusia saling membutuhkan dengan sesamanya maupun alam semesta ini.

Coba kita perhatikan lingkungan keluarga kita, dan itulah organisasi. Begitu juga dengan hal yang lain. Ketika kita masuk ke lingkup yang lebih luas ada organisasi masyarakat. Ketika kita masuk dalam lingkup agama, itu juga termasuk organisasi. Anak-anak remaja yang sedang belajar berpacaran juga sedang belajar berorganisasi. Dan itulah kehidupan kita yang selalu dilingkupi dengan berbagai macam organisasi.

James A.F. Stoner dengan lantang mengatakan bahwa organisasi merupakan unsur yang dibutuhkan dalam masyarakat beradab: Dapat digunakan untuk mendapatkan sesuatu yang sebagai perseorangan tak akan dapat kita lakukan sendiri; dapat membantu menyediakan pengetahuan yang kontinyu; dan dapat menjadi sumber penyedia karir. Itulah definisi organisasi menurut ahlinya James A.F. Stoner.

Lalu mengapa organisasi itu perlu? mengapa organisasi itu penting? ada beberapa alasan yang mendasar sehingga membuat organisasi itu penting. Alasan pertama adalah organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan, mengapa? karena organisasi melaksanakan fungsi penting yaitu dengan mengatasi keterbatasan sebagai perorangan, organisasi memungkinkan kita mencapai tujuan yang akan lebih sukar atau tak mungkin dicapai sendiri.

Alasan kedua mengapa organisasi itu penting adalah organisasi sebagai alat untuk melestarikan pengetahuan. Pentingnya organisasi untuk melestarikan pengetahuan itu kita dapatkan dari organisasi seperti sekolah, universitas, museum, kelompok studi, organisasi kemahasiswaan, dan lainnya yang berusaha untuk terus melestarikan pengetahuan.

Alasan ketiga mengapa organisasi itu penting yaitu karena organisasi sebagai sumber karir. Ini karena organisasi memberikan kepada anggotanya sumber kehidupan dan mungkin bahkan kepuasan pribadinya.

Jadi, kita pasti sudah mengerti mengapa organisasi itu penting bagi masyarakat kita. Karena itu, marilah berorganisasi. Lalu bagaimana caranya? saya akan bahas lebih khusus lagi tentang bagaimana organisasi itu dilain artikel.

Pentingnya Organisasi

Ada banyak alasan yang membuat organisasi menjadi penting, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Spesialisasi

Struktur organisasi adalah jaringan hubungan di mana pekerjaan dibagi menjadi unit dan departemen. Divisi pekerjaan ini membantu dalam membawa spesialisasi dalam berbagai kegiatan yang menjadi perhatian.

2. Pekerjaan yang terdefinisi dengan baik

Struktur organisasi membantu menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat yang dapat dilakukan dengan memilih orang untuk berbagai departemen sesuai dengan kualifikasi, keterampilan dan pengalaman mereka. Ini membantu dalam mendefinisikan pekerjaan dengan benar yang menjelaskan peran setiap orang.

3. Klarifikasi wewenang

Struktur organisasi membantu dalam mengklarifikasi posisi peran kepada setiap manajer (status quo). Ini dapat dilakukan dengan mengklarifikasi wewenang kepada setiap manajer dan cara dia harus menggunakan wewenang tersebut harus diklarifikasi sehingga penyalahgunaan kekuasaan tidak terjadi.

Pekerjaan dan tanggung jawab yang ditetapkan dengan jelas membantu membantu efisiensi kerja para manajer. Ini membantu dalam meningkatkan produktivitas.

4. Koordinasi

Organisasi adalah sarana untuk menciptakan koordinasi di antara berbagai departemen perusahaan. Ini menciptakan hubungan yang jelas di antara posisi dan memastikan kerja sama timbal balik di antara individu.

Keharmonisan kerja dibawa oleh manajer tingkat tinggi yang menjalankan wewenangnya atas aktivitas yang saling berhubungan dari manajer tingkat bawah.

Hubungan tanggung jawab otoritas dapat membuahkan hasil hanya jika ada hubungan formal antara keduanya. Untuk kelancaran organisasi, koordinasi antara wewenang dan tanggung jawab sangat penting. Harus ada koordinasi antara hubungan yang berbeda.

Kejelasan harus dibuat karena memiliki tanggung jawab utama yang melekat pada setiap otoritas. Ada pepatah yang mengatakan, "Otoritas tanpa tanggung jawab mengarah pada perilaku yang tidak efektif dan tanggung jawab tanpa otoritas membuat orang tidak efektif." Oleh karena itu, koordinasi tanggung jawab otoritas sangat penting.

5. Administrasi yang efektif

Struktur organisasi sangat membantu dalam menentukan posisi pekerjaan. Peran yang akan dilakukan oleh manajer yang berbeda dijelaskan. Spesialisasi dicapai melalui pembagian kerja. Ini semua mengarah pada administrasi yang efisien dan efektif.

6. Pertumbuhan dan diversifikasi

Pertumbuhan perusahaan sangat bergantung pada seberapa efisien dan mulusnya suatu kekhawatiran. Efisiensi dapat dilakukan dengan mengklarifikasi posisi peran kepada manajer, koordinasi antara otoritas dan tanggung jawab dan berkonsentrasi pada spesialisasi.

Selain itu, perusahaan dapat melakukan diversifikasi jika potensinya tumbuh. Ini hanya mungkin jika struktur organisasi didefinisikan dengan baik. Ini dimungkinkan melalui seperangkat struktur formal.

7. Memberikan rasa aman

Struktur organisasi mengklarifikasi posisi pekerjaan. Peran yang ditugaskan untuk setiap manajer jelas. Koordinasi dimungkinkan. Oleh karena itu, kejelasan kekuatan membantu secara otomatis dalam meningkatkan kepuasan mental dan dengan demikian rasa aman dalam kekhawatiran. Ini sangat penting untuk kepuasan kerja.

8. Cakupan untuk perubahan baru

Jika peran dan aktivitas yang dilakukan jelas dan setiap orang mendapatkan independensi dalam pekerjaannya, ini memberikan ruang yang cukup bagi manajer untuk mengembangkan bakatnya dan mengembangkan ilmunya.

Seorang manajer bersiap untuk mengambil keputusan independen yang dapat menjadi jalan atau jalan menuju adopsi teknik produksi baru. Cakupan ini untuk membawa perubahan baru ke dalam menjalankan suatu perusahaan hanya dimungkinkan melalui seperangkat struktur organisasi.

0 Response to "Organisasi Itu Penting"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4