Pentingnya Perencanaan Strategis


Pentingnya Perencanaan Strategis

Tiga alasan pentingnya perencanaan strategis menurut James A.F. Stoner yaitu :

Kebutuhan akan perencanaan strategis makin dirasakan dalam kehidupan organisasi.

Rencana strategis seringkali merupakan titik awal dalam memahami dan menilai tindakan yang diambil para manajer dan organisasinya. Ketika organisasi sudah berjalan, akan ada perubahan yang terus menerus terjadi sehingga berpengaruh terhadap setiap pengambilan keputusan. Perencanaan strategis berguna sebagai patokan utama dalam lingkungan organisasi yang mengalami transformasi.

Untuk tetap bisa mempertahankan rumusan dari tujuan organisasi, maka perencanaan strategis menjadi sangat penting. Organisasi tidak perlu ikut merubah rumusan tujuan, yang diperlukan hanyalah penyesuaian dalam perencanaan strategis.

Perencanaan strategis memberikan kerangka dasar bagi perencanaan lainnya.

Karena semua kegiatan organisasi akhirnya tergantung pada strateginya , perencanaan strategis menjadi perencanaan yang terpenting yang kita lakukan. Sebagai patokan atau kerangka dasar, perencanaan strategis berfungsi untuk memberikan gambaran secara umum untuk proses perencanaan berikutnya.

Dengan penyusunan perencanaan strategis yang baik, maka organisasi bisa membayangkan setiap rencana turunan yang seharusnya dirumuskan. Itu disebabkan oleh perencanaan strategis yang membentuk pola baku dan dasar pengambilan keputusan untuk perencanaan secara utuh dan menyeluruh.

Memahami perencanaan strategis (yang bisa sangat rumit dan canggih) memudahkan kita untuk memahami perencanaan bentuk lain.

Biasanya setiap organisasi akan sulit memahami bentuk-bentuk perencanaan. Maka itu setiap organisasi harus memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang perencanaan. Perencanaan strategis memiliki posisi utama dan berfungsi sebagai dasar patokan dari keseluruhan perencanaan.

Dari perencanaan strategis itu kemudian bisa dirumuskan perencanaan lain yang lebih bersifat turunan dari perencanaan strategis. Namun karena perencanaan strategis pada umumnya sulit dipahami, maka sebaiknya organisasi melakukan pelatihan khusus bagi para anggotanya agar mampu memahami perencanaan strategis yang bersifat utuh dan menyeluruh.

1

2

3

4