Teori Manajemen Klasik Chester Irving Barnard

Chester Irving Barnard adalah seorang pimpinan salah satu perusahaan di New Jersey Bell pada tahun 1927. Barnard menggunakan pengalaman kerja dan hasil pembacaan buku-buku mengenai sosiologi dan filsafat untuk merumuskan teori-teorinya mengenai kehidupan organisasi.

Menurut Barnard, manusia berkumpul di dalam organisasi untuk mendapatkan hal-hal yang mereka tidak mampu kerjakan sendiri. Tetapi dalam mencapai tujuan organisasi, mereka harus memuaskan kubutuhan pribadinya juga.

Dengan begitu Barnard sampai pada tesis utamanya: Suatu perusahaan dapat bekerja secara efisien dan tetap hidup hanya kalau tujuan organisasi dan tujuan serta kebutuhan perorangan yang bekerja pada organisasi itu dijaga seimbang.

Barnard juga mencetuskan bahwa tugas utama seorang manajer yaitu untuk menciptakan kerjasama yang tersistem dalam organisasi. Artinya, hubungan kerjasama antara para manajer dan tenaga kerja selalu berdasarkan sistem yang diterapkan dalam organisasi dan kerjasama tersistem itu harus dibangun melalui komunikasi yang efektif.

Dalam kiprahnya, Barnard memberikan kontribusi besar bagi ilmu manajemen. Selain memberikan pendapatnya mengenai efisiensi organisasi dan peran utama manajer, Barnard juga menciptakan dau teori bagi ilmu manajemen.

Pertama yaitu teori organisasi yang mengedepankan organisasi sebagai pengatur utama dari tindakan pada pimpinan dan anggotanya. Kedua, teori konsep otoritas yang menganggap bahwa otoritas merupakan karakter dari komunikasi dalam organisasi formal. Otoritas yang dimaksud adalah kebijakan piminan yang harus diterima oleh anggota organisasi.

0 Response to "Teori Manajemen Klasik Chester Irving Barnard"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4