ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Monday, November 26, 2018

Bentuk Organisasi Berdasarkan Bidang

Bentuk Organisasi Berdasarkan Bidang

Setelah membahas bentuk organisasi berdasarkan struktur, berikut ini saya akan membahas tentang bentuk organisasi berdasarkan bidangnya. Saat ini banyak sekali organisasi-organisasi yang bergerak untuk bidang tertentu. Bahkan hampir semua aspek dalam kehidupan dijadikan dasar untuk pergerakan organisasi.

Bentuk organisasi berdasarkan bidang adalah pembagian bentuk organisasi yang didasari oleh pergerakannya menurut salah satu atau beberapa aspek dalam kehidupan. Dari pengertian singkat itu kita bisa membagi organisasi berdasarkan bidang sebagai berikut.

1. Organisasi Pemerintahan

Negara adalah salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam kehidupan umat manusia. Dengan memiliki negara, maka pembangunan peradaban manusia bisa terus berkembang. Organisasi pemerintahan inilah yang akan mengatur sebuah negara untuk mencapai tujuan bersama.

Secara garis besar, organisasi pemerintahan dalam suatu negara juga memiliki banyak bentuk yang didasari oleh ideologi yang dianut negara masing-masing. Ideologi negara akan membentuk tata pemerintahan, hukum serta sistem politik dan ekonomi.

Untuk menjalankan sistem berdasarkan ideologi negara, maka dibutuhkan organisasi pemerintahan yang tepat dan cocok dengan suatu negara. Maka itu kita akan menemukan banyak model organisasi pemerintahan yang dijalankan diberbagai negara. Itu karena setiap negara memiliki ideologi, sistem dan kebudayaan yang berbeda.

2. Organisasi Politik

Berbeda dengan organisasi pemerintahan, organisasi politik cenderung lebih menekankan pergerakan politik. Yang artinya, organisasi politik adalah organisasi yang mewadahi individu-individu yang memiliki kesamaan visi dan tujuan untuk mempengaruhi atau menguasai pemerintahan.

Organisasi politik sering juga kita kenal dengan partai politik, meskipun ada juga organisasi politik yang tidak berbentuk partai. Organisasi politik yang tidak berbentuk partai ini juga memiliki banyak bentuk. Ada yang berbentuk organisasi kemasyarakatan, organisasi sosial, dan lainnya.

Organisasi politik sesungguhnya adalah sebuah wadah yang bisa memberikan kontribusi untuk jalannya organisasi pemerintahan. Hal ini bisa dinilai ketika sebuah organisasi politik mampu mempengaruhi kebijakan pemerintah, peratuaran-peraturan, serta tatanan pemerintahan.

3. Organisasi Ekonomi

Organisasi ekonomi adalah organisasi yang bergerak dalam bidang ekonomi. Organisasi ekonomi bisa berbentuk perusahaan ataupun koperasi. Tujuan dari organisasi ekonomi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan, entah itu kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bersama. Organisasi ekonomi juga harus bisa memenuhi kebutuhan negara melalui pembayaran pajak serta kebutuhan masyarakat melalui tanggungjawab sosial.

Banyak juga yang menyebutnya dengan organisasi bisnis. Namun tidak semua organisasi ekonomi menjalankan fungsi bisnis. Contohnya, di Indonesia banyak organisasi ekonomi yang tidak menjalankan fungsi bisnis yang cenderung untuk mencari laba besar. Organisasi ekonomi seperti itu di Indonesia tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

BUMN adalah organisasi ekonomi milik negara yang secara undang-undang tidak menjalankan fungsi bisnis, namun bekerja sesuai kaidah-kaidah yang berlaku seperti organisasi bisnis lainnya. BUMN didirikan negara untuk menguasai aset-aset vital negara yang menjadi hajat hidup orang banyak.

Jadi, meskipun menjalankan bisnis tapi organisasi ekonomi seperti BUMN tidak berorientasi untuk mencari laba besar. Itu karena BUMN harus lebih memperhatikan hal-hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Contohnya pertambangan minyak, listrik, transportasi massal, perbankan, kesehatan, pendidikan dan lainnya.

Lebih dari itu, BUMN juga berguna untuk mengurangi pengangguran, menekan angka kemiskinan, serta memberikan kontribusa pajak yang besar bagi negara. Sama saja dengan organisasi bisnis lainnya, tapi kepemilikan BUMN bukan secara individu namun dikuasai oleh negara melalui pemerintah.

Sedangkan organisasi bisnis secara umum yang berbentuk perusahaan, lebih bertujuan untuk memenuhi kebutuhan individu yang menjadi pemiliknya. Ada juga organisasi ekonomi yang ide orisinilnya dari Indonesia, yaitu koperasi. Koperasi adalah sebuah wadah perjuangan ekonomi rakyat yang bertujuan untuk mensejahterakan para anggotanya.

Tentang koperasi ini sebenarnya sangat penting bagi negara Indonesia. Untuk itu negara menjamin koperasi dengan mengeluarkan peraturan khusus yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Koperasi.

Tapi sangat disayangkan saat ini koperasi tampak kalah bersaing dengan model perusahaan bergaya eropa atau perusahaan yang berdasarkan dari teori-teori bisnis konvensional. Koperasi sebenarnya sudah dipikirkan oleh Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta sehingga menjadi sangat cocok bagi kepribadian bangsa Indonesia.

Meskipun dalam sejarahnya, konsep koperasi berasal dari Eropa, namun konsep koperasi Indonesia lebih kuat karena pernah menjadi alat perjuangan ekonomi kerakyatan pada jaman pra-kemerdekaan. Sayang sekali saat ini koperasi di Indonesia tidak memiliki perkembangan yang signifikan serta cenderung kalah saing dengan organisasi bisnis konvensional.

Konsep organisasi bisnis konvensional cenderung lebih diminati karena perusahaan bisa dimiliki oleh satu orang saja. Sedangkan koperasi minimal harus memiliki 20 orang anggota sebagai pemilik koperasi.


4. Organisasi Sosial

Organisasi sosial adalah organisasi yang bertujuan untuk mengangkat kembali potensi-potensi masyarakat dalam banyak hal. Saat ini kita mengenal dua macam organisasi sosial yaitu Yayasan dan Organisasi Kemasyarakatan.

Yayasan adalah organisasi sosial yang menjalankan kegiatannya untuk mewadahi kebutuhan-kebutuhan khusus masyarakat. Kebutuhan khusus itu seperti pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Yayasan menjalankan kegiatannya berdasarkan prinsip tidak mencari keuntungan, atau sukarela.

Organisasi kemasyarakatan atau sering disebut Ormas adalah organisasi sosial yang mewadahi kepentingan-kepentingan masyarakat. Kepentingan bersama itu lahir dari kesamaan pemikiran, gaya hidup, kebiasaan, minat, bakat, maupun kekeluargaan.

Ormas juga berperan penting untuk meningkatkan sumber daya manusia, memperluas jaringan kerja, serta membangun kebersamaan antar anggota. Ormas saat ini menjadi suatu wadah yang sangat diminati masyarakat sehingga memiliki jumlah anggota yang besar dengan jaringan yang luas.

Ditulis Oleh : Leonade Hari: 2:37 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment