Konsep Dasar Kepemimpinan (Leadership)

studi manajemen
Salah satu unsur penting dalam majamenen adalah manusia. Sedangkan kualifikasi manusia yang harus dipenuhi untuk menjalankan fungsi manajemen adalah kepemimpinan. Kepemimpinan adalah suatu teknik serta proses untuk mempengaruhi serta mengarahkan orang lain agar bisa bertindak atau bekerja untuk mencapai tujuan organisasi. Tentang pengertian kepemimpinan bisa dibaca dalam artikel berjudul "Pengertian Kepemimpinan" di blog ini.

Dalam situs Management Study Guide, disebutkan bahwa "kepemimpinan adalah proses dimana seorang eksekutif dapat mengarahkan, membimbing, dan mempengaruhi perilaku dan pekerjaan orang lain terhadap pencapaian tujuan tertentu dalam situasi tertentu. Kepemimpinan adalah kemampuan seorang manajer untuk membujuk bawahan untuk bekerja dengan percaya diri dan semangat."

Bisa disimpulkan bahwa kepemimpinan sesungguhnya mencakup dua hal yaitu:
- Sebagai ilmu, kepemimpinan bisa dipelajari dari berbagai sumber. Banyak teori-teori tentang kepemimpinan yang berkembang saat ini. Hal itu menjadikan kepemimpinan lebih komperhensif dan terumuskan dengan baik.
- Sebagai seni, banyak yang berpendapat bahwa kepemimpinan itu adalah sebuah seni. Alasannya karena kepemimpinan selalu menggunakan teknik dan proses serta memiliki unsur pembentukan. Maksudnya yaitu, kepemimpinan harus membentuk karakter dan tindakan seseorang agar bisa mewujudkan tujuan organisasi. Alasan lainnya yaitu karena kepemimpinan selalu mengandalkan keterampilan.

Dalam kepemimpinan, terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi. Ada faktor internal serta faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kepemimpinan antara lain sebagai berikut:
- Bakat, seorang sudah terlihat memiliki bakat kepemimpinan sejak kecil.
- Kepribadian, ini berhubungan dengan kondisi psikologis seseorang.
- Intelektual, yaitu kecerdasan seseorang yang cenderung dominan dan inisiatif dalam lingkungannya.

Sedangkan yang menjadi faktor eksternal yang mempengaruhi kepemimpinan antara lain sebagai berikut:
- Motivasi
- Inspirasi
- Ambisi
- Latihan
- Pembelajaran

Dari hal tersebut kita bisa melihat bahwa banyak faktor yang mempengaruhi serta menjadi sumber dari kepemimpinan. Bagi seorang pemimpin perusahaan, kualifikasinya berbeda dengan pemimpin militer, pemimpin organisasi masrayarakat, pemimpin negara dan daerah, serta pemimpin rumah tangga.

Bukan hanya tingkat usia dan tingkat pendidikan yang bisa mempengaruhi kualitas kepemimpinan, tapi juga dari pengalaman, pelatihan, serta latar belakang lainnya. Semua itu akan berpengaruh terhadap gaya kepemimpinan.

Secara praktis, tidak pernah ada gaya kepemimpinan yang sempurna pernah diterapkan oleh manusia. Itu karena manusia itu sendiri. Manusia satu berbeda dengan yang lainnya, sehingga semakin besar sebuah organisasi, maka semakin rumit pula penerapan konsep kepemimpinan.

0 Response to "Konsep Dasar Kepemimpinan (Leadership)"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4