ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Sunday, February 10, 2019

Ini Alasan Mengapa Manajemen Sangat Penting

Ini Alasan Mengapa Manajemen Sangat Penting

Seperti pada teori dasarnya yang merumuskan bahwa manajemen membantu organisasi untuk bisa mencapai tujuan, mengatur faktor-faktor produksi, mengumpulkan dan mengatur sumber daya, mengintegrasikan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan. Juga berupaya untuk mengarahkan organisasi ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Jika sebuah organisasi sudah menetapkan tujuan dengan jelas, maka tidak akan ada pemborosan waktu, uang, dan usaha. Manajemen mengubah sumber daya dalam organisasi seperti manusia, mesin, uang dan lainnya yang tidak terorganisir menjadi bermanfaat. Semua sumber daya organisasi dikoordinasikan, diarahkan dan dikendalikan sedemikian rupa sehingga perusahaan bekerja dengan efektif dan efisien dalam prosesnya mencapai tujuan.

Berikut ini beberapa hal yang menjadikan alasan manajemen sangat penting bagi organisasi:


1. Pemanfaatan Sumber Daya yang Optimal

Manajemen memanfaatkan semua sumber daya manusia dan sumber daya fisik secara produktif. Manajemen harus bisa memanfaatkan secara maksimal sumber daya yang langka dengan memilih penggunaan alternatif terbaik di industri dari berbagai penggunaan. Bisa dengan menggunakan tenaga ahli atau profesional sehingga lebih mengarah pada penggunaan keterampilan, pengetahuan, dan pemanfaatan yang tepat dan menghindari pemborosan. Jika karyawan dan mesin bekerja dengan optimal dan menghasilkan dengan maksimal, maka tidak ada sumber daya yang terbuang percuma ataupun terjadi pemborosan sumber daya.

2. Mengurangi Biaya

Manajemen bisa membantu untuk mendapatkan hasil maksimal melalui input minimum dengan perencanaan yang tepat. Juga dengan cara menggunakan input minimum untuk mendapatkan output maksimum. Manajemen menggunakan sumber daya fisik, manusia, dan keuangan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kombinasi terbaik. Ini bisa membantu dalam pengurangan biaya.

3. Membangun Organisasi yang Sehat

Manajemen bisa membangun organisasi yang saling menopang, tidak tumpang tidih, serta terkoordinasi dengan baik. Membangun struktur organisasi yang baik adalah salah satu tujuan manajemen yang selaras dengan tujuan organisasi. Untuk itu perlu membangun otoritas yang efektif dan hubungan tanggung jawab yaitu siapa yang bertanggung jawab kepada siapa, yang dapat memberikan instruksi kepada siapa, siapa atasan dan siapa bawahan. Manajemen harus bisa mengisi berbagai posisi dengan orang yang tepat, memiliki keterampilan yang tepat, pelatihan dan kualifikasi. Semua pekerjaan harus dilakukan orang-orang yang benar sesuai tempatnya.

4. Menetapkan Ekuilibrium

Manajemen juga memungkinkan organisasi untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang berubah. Artinya, manajemen selalu bersifat fleksibel dan adaptif untuk menghadapi kondisi lingkungan yang berubah-ubah. Dengan perubahan lingkungan eksternal, koordinasi awal organisasi harus diubah. Jadi dengan mengadaptasi organisasi untuk mengubah permintaan pasar ataupun mengubah kebutuhan masyarakat. Manajemen juga bisa menjamin pertumbuhan dan kelangsungan hidup organisasi. Dengan manajemen, kondisi organisasi dengan kondisi lingkungan akan selalu berada dalam titik temu yang seimbang.

5. Penting untuk Kemakmuran Masyarakat

Manajemen yang efisien mengarah pada produksi ekonomi yang lebih baik yang membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Manajemen yang baik membuat tugas yang sulit menjadi lebih mudah dengan menghindari pemborosan sumber daya yang langka.Manajemen juga bisa meningkatkan standar hidup dan meningkatkan keuntungan yang bermanfaat bagi bisnis dan masyarakat akan mendapatkan hasil maksimal dengan biaya minimum dengan menciptakan peluang kerja yang menghasilkan pendapatan di tangan. Organisasi hadir dengan produk dan penelitian baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

Ditulis Oleh : Leonade Hari: 11:34 AM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment