Pengertian Dasar Riset Pemasaran

Riset pemasaran menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (AMA) adalah suatu fungsi yang berguna untuk menghubungkan pihak konsumen dan masyarakat luas dengan pihak produsen melalui berbagai informasi sebagai alat identifikasi peluang serta masalah dalam pemasaran produk guna menghasilkan data sebagai bahan evaluasi pemasaran, memantaunya dan memberikan pemahaman kepada pasar dalam suatu proses.

Dari definisi AMA itu kita bisa melihat betapa pentingnya peran dari riset pemasaran untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja pemasaran. Sedangkan pengertian riset pemasaran secara sederhana adalah analisis masalah sistematis, pembangunan model, dan pencarian fakta untuk tujuan pengambilan keputusan dan kontrol penting dalam pemasaran barang dan jasa.

Riset Pemasaran merupakan proses yang terencana dan sistematis yang menyiratkan bahwa pentingnya perencanaan pada semua tahap. Dalam pelaksanaannya, riset pemasaran menggunakan metode ilmiah. Ini adalah proses yang objektif karena berupaya memberikan informasi otentik yang akurat. Riset Pemasaran kadang-kadang didefinisikan sebagai penerapan metode ilmiah dalam solusi masalah pemasaran.

Riset Pemasaran memiliki peran yang sangat signifikan dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan memenuhinya dengan cara terbaik. Tugas utama dari Riset Pemasaran adalah pengumpulan data secara sistematis dan analisis informasi.

Sebelum itu penting untuk memperjelas hubungan dan perbedaan antara Riset Pemasaran dan Sistem Informasi Pemasaran (SIM). Apa pun informasi yang dihasilkan oleh Riset Pemasaran dari sumber internal, sumber eksternal, agen intelijen pemasaran akan menjadi bahan untuk SIM bekerja.

Secara garis besar, perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:
  • SIM adalah seperangkat prosedur formal untuk menghasilkan, menganalisis, menyimpan, dan mendistribusikan data dan informasi kepada para pembuat keputusan pemasaran secara berkelanjutan. Sedangkan riset pemasaran dilakukan dengan tujuan khusus menghasilkan informasi.
  • SIM adalah entitas yang berkelanjutan sementara Riset Pemasaran adalah sistem ad-hoc ada bersifat sementara. Sedangkan dalam riset pemasaran, informasi untuk tujuan tertentu, sehingga tidak kaku. Informasi dalam SIM lebih kaku dan terstruktur.
  • Riset Pemasaran sangat penting untuk perencanaan pasar strategis dan pengambilan keputusan. Ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi apa saja peluang dan kendala pasar, dalam mengembangkan dan menerapkan strategi pasar, dan dalam mengevaluasi efektivitas rencana pemasaran.
Riset Pemasaran adalah kegiatan bisnis yang berkembang dan banyak digunakan karena penjual perlu mengetahui lebih banyak tentang konsumen akhir mereka tetapi umumnya terpisah jauh dari konsumen tersebut. Riset Pemasaran menjadi penghubung penting antara pembuat keputusan pemasaran dan pasar tempat mereka beroperasi.

Riset Pemasaran mencakup berbagai prinsip penting untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi para manajer. Prinsip-prinsip ini berkaitan dengan ketepatan waktu dan pentingnya data, pentingnya mendefinisikan tujuan secara hati-hati dan jelas, dan kebutuhan untuk menghindari melakukan penelitian untuk mendukung keputusan yang telah dibuat.

Riset pemasaran berguna untuk pihak-pihak yang berkepentingan dengan data hasil pemasaran, antara lain:
  • Produsen: untuk mengetahui tentang potensi produknya di pasar berbanding dengan total produk, produk baru, berbagai merek, harga, struktur Pasar dan pemilihan strategi produk.
  • Pelaku bisnis dan pemerintah: Riset Pemasaran membantu pelaku bisnis dan pemerintah dalam memfokuskan perhatian pada sifat kompleks masalah yang dihadapi oleh mereka. Contohnya, penentuan produk nasional bruto (PNB), indeks harga dan pendapatan per kapita, tingkat pengeluaran dan penganggaran, harga produk pertanian, kebijakan ekonomi pemerintah, dan masalah operasional juga perencanaan bisnis dan industri.
  • Lembaga Penelitian Pasar: Riset pemasaran digunakan secara luas oleh para profesional untuk membantu melakukan berbagai studi dalam Riset Pemasaran.
  • Manajer: Sebagai bahan evaluasi dan bahan rekomendasi dalam pengambilan keputusan pemasaran.

0 Response to "Pengertian Dasar Riset Pemasaran"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4