ARTIKEL DALAM BLOG INI ADALAH ORIGINAL. JIKA INGIN COPY PASTE KE BLOG ANDA, SILAHKAN SERTAKAN LINK BLOG INI SEBAGAI SUMBER. BELAJAR MENGHARGAI HASIL KARYA ORANG LAIN.

Thursday, February 14, 2019

Perbedaan Manajemen dan Administrasi


Secara garis besar, manajemen dan administrasi itu berbeda. Namun dalam menjalankan organisasi, manajemen dan administrasi bekerja secara berdampingan dan saling menunjang. Perbedaan manajemen dan administrasi yang paling inti terletak pada konsep dasarnya. Manajemen lebih bersifat konsepsi dan administrasi lebih bersifat aplikasi.

Theo Haimann menjelaskan bahwa administrasi adalah tentang penentuan kebijakan secara umum, keputusan untuk menentukan tujuan utama, identifikasi tujuan umum dan pelaksanaan program dan proyek secara luas. Sedangkan Newman memberikan pengertian yang lebih rill bahwa administrasi yaitu memberikan bimbingan, melaksanakan kepemimpinan, dan kontrol terhadap kinerja organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Sedangkan manajemen meletakan perhatian pada prinsip dasar menjalankan organisasi seperti mencari konsep organisasi, menyatukan pandangan banyak orang, serta menjalankan fungsi-fungsinya. Manajemen juga tentang bagaimana sebuah organisasi bisa menggunakan sumber dayanya secara optimal.

Management Study Guide (MSG) memberikan paparan yang jelas tentang perbedaan manajemen dan administrasi. Menurut MSG, perbedaan antara manajemen dan administrasi bisa dibagi menjadi dua sudut pandang. Pertama dari sudut pandang fungsi dasar, kedua adalah dari sudut pandang penerapan.



Perbedaan manajemen dan administrasi dari sudut pandang fungsi dasar

Dari pengertian dasar: Manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui orang lain dengan mengarahkan upaya mereka ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan administrasi berkaitan dengan perumusan tujuan, rencana & kebijakan yang luas.

Dari sifat dasar: Manajemen adalah fungsi pelaksanaan. Sedangkan administrasi ada fungsi pengambilan keputusan.

Dari proses: Manajemen memutuskan siapa yang harus melakukannya dan bagaimana harus melakukannya. Sedangkan administrasi memutuskan apa yang harus dilakukan dan kapan harus dilakukan.

Dari fungsi: Manajemen adalah pelaksanaan fungsi, setiap manajer menyelesaikan pekerjaan dengan pengawasan. Sedangkan administrasi adalah fungsi berpikir, rencana dan kebijakan ditentukan di bawahnya.

Dari keterampilan: Manajemen mengandalkan keterampilan teknis dan sumber daya manusia. Sedangkan administrasi mengandalkan keterampilan konseptual dan sumber daya manusia.

Dari segi level: Manajemen bekerja pada level bawah hingga level menengah. Sedangkan administrasi bekerja pada level menengah hingga level atas. Maksudnya adalah pada organisasi level bawah, manajemen bekerja lebih banyak sedangkan administrasi berfungsi lebih sedikit. Pada organisasi level menengah, manajemen dan administrasi bekerja dalam porsi yang kira-kira sama. Sedangkan pada organisasi level atas, administrasi bekerja lebih banyak dibanding manajemen. Itu karena pada organisasi level atas fungsi manajemen sudah berjalan dengan baik sehingga diperlukan fungsi administrasi yang lebih banyak.



Perbedaan manajemen dan administrasi dari sudut pandang penerapan

Penerapan secara umum: Manajemen lebih bekerja pada masalah bisnis dimana organisasi harus menghasilkan laba. Sedangkan administrasi bisa bekerja pada aktivitas organisasi apasaja selain organisasi bisnis seperti sekolah, rumah sakit, kantor pelayanan publik, dan lainnya.

Pengaruh: Keputusan manajemen dipengaruhi oleh nilai-nilai, pendapat, kepercayaan, dan keputusan manajer. Sedangkan administrasi lebih dipengaruhi oleh opini publik, kebijakan pemerintah, organisasi keagamaan, adat istiadat dan lainnya.

Status: Manajemen merupakan anggota dari organisasi yang mendapatkan imbalan berupa gaji atau upah. Sedangkan administrasi lebih merujuk kepada pemilik perusahaan yang menerima pengembalian modal yang diinvestasikan serta laba perusahaan dalam bentuk surat berharga atau deviden.


Itulah perbedaan dasar dari manajemen dan administrasi. Secara praktis, tidak ada perbedaan mencolok antara manajemen dan administrasi. Setiap manajer harus memperhatikan dengan seksama fungsi manajemen administratif dan fungsi manajemen operatif.

Ditulis Oleh : Leonade Hari: 8:35 PM Kategori:

0 komentar:

Post a Comment