Proses Pelaksanaan Pemasaran

Pelaksanaan pemasaran adalah tahap kedua dari manajemen pemasaran yang berarti suatu rangkaian yang tidak terpisah dari fungsi-fungsi manajemen pemasaran. Pelaksanaan pemasaran adalah tindakan untuk mengeksekusi atau menindaklanjuti proses perencanaan, dengan kata lain pelaksanaan pemasaran adalah proses menjalankan rencana menjadi tindakan nyata dalam pemasaran.

Setelah perencanaan pemasaran sudah tersusun dengan baik, maka saatnya kita untuk menjalankan rencana tersebut. Dari proses ini kita akan melihat bahwa betapa pentingnya menyusun perencanaan dengan baik dan teliti. Pelaksanaan pemasaran akan berjalan baik jika apa yang kita lakukan itu berdasarkan perencanaan.

Berikut ini adalah proses dalam pelaksanaan pemasaran:

1. Mengutamakan aktivitas yang sudah tersusun sesuai perencanaan

Dalam pelaksanaan pemasaran, kita akan dituntun oleh perencanaan yang sudah tersusun. Mempelajari segala keputusan yang sudah ditetapkan, melihat kondisi lapangan, serta melakukan aktivitas pemasaran. Seorang yang terjun untuk pelaksanaan pemasaran adalah penentu hasil dari perencanaan.

2. Membuat catatan pada setiap aktivitas yang dilakukan

Kita harus mencatat setiap aktivitas pemasaran secara runtut waktu jika jadwal sudah ditetapkan dalam proses perencanaan. Catat setiap perkembangan dilapangan, kegiatan yang sudah selesai, kegiatan yang sementara dilakukan, dan yang belum selesai. Catat juga setiap transaksi yang terjadi dalam proses pelaksanaan pemasaran.

Hal itu penting sebagai bahan evaluasi nanti yang akan menentukan apakah pelaksanaan sudah sesuai dengan perencanaan. Dengan mencatat setiap aktivitas pemasaran, maka kita sudah memberikan tanggung jawab terhadap setiap aktivitas pemasaran kita.

3. Mengubah catatan menjadi laporan pelaksanaan pemasaran

Setiap catatan yang sudah kita buat itu kemudian kita susun kembali atau kita masukan dalam laporan pelaksanaan pemasaran. Laporan sangat penting karena akan dijadikan data dan informasi aktual oleh perusahaan.

Bagi perusahaan, laporan adalah hal wajib untuk menunjukan tanggung jawab karyawan bagi perusahaan. Berusahalah untuk menyusun laporan pelaksanaan pemasaran yang sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan sebab bisa saja pihak perusahaan melakukan cek terhadap kebenaran laporan itu. Apapun hasil dari pelaksanaan dilapangan, sebaiknya kita paparkan dalam laporan dengan jujur dan terbuka agar perusahaan mengetahui kondisi nyata dilapangan.

1

2

3

4