Mengenal Analisis Pekerjaan

Dalam manajemen sumber daya manusia (MSDM), diperlukan suatu tindakan yang bisa menghasilkan rumusan dari tugas, tanggung jawab, dan fungsi secara detail tentang suatu pekerjaan. Untuk merumuskan hal itu maka manajer SDM harus melakukan sebuah tindakan yang disebut sebagai analisis pekerjaan.

Tentunya dengan memanfaatkan analisis pekerjaan, manajer SDM seharusnya bisa membuat deskripsi pekerjaan yang lebih baik dan efektif serta efisien. Analisis pekerjaan menjadi salah satu tugas penting bagi manajer SDM.

Pengertian Analisis Pekerjaan

Analisis Pekerjaan adalah eksplorasi yang sistematis, mempelajari dan mencatat tanggung jawab, tugas, keterampilan, akuntabilitas, lingkungan kerja, dan persyaratan kemampuan pekerjaan tertentu. Analisis pekerjaan juga melibatkan menentukan kepentingan relatif dari tugas, tanggung jawab dan keterampilan fisik dan emosional untuk pekerjaan yang diberikan.

Semua faktor ini mengidentifikasi apa yang dituntut pekerjaan dan apa yang harus dimiliki karyawan untuk melakukan pekerjaan secara produktif.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Analisis Pekerjaan

Proses analisis pekerjaan melibatkan investigasi mendalam untuk mengontrol output, mis., Menjalankan pekerjaan dengan sukses. Proses ini membantu dalam mencari tahu apa yang dibutuhkan departemen tertentu dan apa yang harus disampaikan oleh seorang calon pekerja.

Analisis pekerjaan juga membantu dalam menentukan rincian tentang suatu pekerjaan termasuk jabatan, lokasi pekerjaan, ringkasan pekerjaan, tugas yang terlibat, kondisi kerja, kemungkinan bahaya dan mesin, peralatan, peralatan dan bahan yang akan digunakan oleh karyawan yang ada atau calon karyawan.

Namun, prosesnya tidak terbatas pada penentuan faktor-faktor itu saja. Sebab analisis pekerjaan juga mencakup informasi tentang kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu.

Informasi itu termasuk menetapkan tingkat pendidikan, pengalaman, penilaian, pelatihan, inisiatif, keterampilan kepemimpinan, keterampilan fisik, keterampilan komunikasi, tanggung jawab, akuntabilitas, karakteristik emosional, dan tuntutan sensorik yang tidak biasa.

Faktor-faktor ini berubah sesuai dengan jenis, tingkat senioritas, industri dan risiko yang terlibat dalam pekerjaan tertentu.

Pentingnya Analisis Pekerjaan

Rincian yang telah dikumpulkan dengan melakukan analisis pekerjaan memainkan peran penting dalam mengendalikan hasil pekerjaan tertentu. Menentukan keberhasilan pekerjaan tergantung pada analisis pekerjaan yang tidak bias, tepat dan menyeluruh. Ini juga membantu dalam merekrut orang yang tepat untuk pekerjaan tertentu.

Tujuan utama melakukan seluruh proses ini adalah untuk menciptakan dan membangun kesesuaian yang sempurna antara pekerjaan dan karyawan. Analisis pekerjaan juga membantu manajer SDM dalam memutuskan paket kompensasi dan tunjangan tambahan dan insentif untuk posisi pekerjaan tertentu.

Ini berkontribusi secara efektif dalam menilai kebutuhan pelatihan dan kinerja karyawan yang ada. Proses membentuk dasar untuk merancang dan menetapkan strategi dan kebijakan untuk memenuhi tujuan dan sasaran organisasi.

Namun, analisis pekerjaan tertentu tidak menjamin bahwa manajer atau organisasi akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebenarnya mengumpulkan dan mencatat informasi untuk pekerjaan tertentu melibatkan beberapa komplikasi. Jika informasi pekerjaan tidak akurat dan diperiksa dari waktu ke waktu, seorang karyawan tidak akan dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Kecuali manajer dan organisasi tidak menyadari apa yang seharusnya dia lakukan atau apa yang diharapkan darinya, kemungkinan besar waktu dan energi yang dihabiskan untuk analisis pekerjaan tertentu adalah pemborosan sumber daya manusia. Karena itu, perawatan yang tepat harus diambil saat melakukan analisis pekerjaan.

Investigasi menyeluruh atau tidak bias atau studi tentang pekerjaan tertentu baik untuk manajer dan karyawan. Para manajer mengetahui siapa yang harus dipekerjakan dan mengapa. Mereka dapat mengisi tempat dengan orang yang tepat.

Sedangkan, karyawan yang ada atau potensial mengetahui apa dan bagaimana ia seharusnya melakukan pekerjaan dan apa hasil yang diinginkan. Analisis pekerjaan menciptakan kesesuaian yang tepat antara pekerjaan dan karyawan.

0 Response to "Mengenal Analisis Pekerjaan"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4