Fungsi Supervisor dalam Perusahaan

Supervisor adalah orang yang menjadi manajer dalam kontak langsung dengan para pekerja, memiliki fungsi yang beragam untuk dilakukan. Tujuan dibalik kinerja fungsi-fungsi ini adalah untuk membawa stabilitas dan kesehatan organisasi yang didapatkan melalui peningkatan laba.

Selain memiliki peran yang penting, supervisor juga memiliki fungsi yang kompleks sehingga menuntut keuletan dalam menjalankan fungsinya. Berikut ini adalah fungsi-fungsi supervisor yang penting untuk kita ketahui bersama:

Perencanaan dan Pengorganisasian

Peran dasar supervisor adalah merencanakan jadwal kerja harian pekerja dengan membimbing mereka sifat pekerjaan mereka dan juga membagi pekerjaan di antara pekerja sesuai dengan minat, bakat, keterampilan, dan minat mereka.

Penyediaan kondisi kerja

Seorang supervisor memainkan peran penting dalam pengaturan fisik pabrik dan dalam mengatur sumber daya fisik di tempat yang tepat. Ini melibatkan penyediaan tempat duduk yang tepat, ventilasi, penerangan, fasilitas air, dan lainnya Bagi para pekerja. Tanggung jawab utamanya disini adalah untuk menyediakan kondisi yang sehat dan higienis kepada para pekerja.

Kepemimpinan dan Bimbingan

Seorang supervisor adalah pemimpin pekerja dibawahnya. Dia memimpin pekerja dan mempengaruhi mereka untuk melakukan yang terbaik. Dia juga membimbing para pekerja dengan memperbaiki target produksi dan dengan memberikan mereka instruksi dan panduan untuk mencapai target tersebut.

Pemberi Motivasi

Seorang supervisor memainkan peran penting dengan memberikan berbagai insentif kepada pekerja agar kinerjanya lebih baik. Ada berbagai insentif moneter dan non-moneter yang dapat menginspirasi para pekerja untuk bekerja lebih baik.

Pengendalian

Pengendalian adalah fungsi penting yang dilakukan oleh supervisor dengan memperhatikan hal-hal ini:

  • Merekam kinerja aktual dengan jadwal waktu.
  • Memeriksa kemajuan pekerjaan.
  • Mencari tahu penyimpangan jika ada dan membuat solusi
  • Jika tidak diselesaikan secara independen, laporkan ke manajemen puncak.

Jembatan Penghubung 

Seorang supervisor terbukti menjadi jembatan penghubung antara manajemen dan pekerja. Dia mengkomunikasikan kebijakan manajemen kepada pekerja juga memberikan instruksi kepada mereka atas nama manajemen.

Di sisi lain, ia memiliki kontak dekat dengan pekerja dan karena itu dapat berinteraksi dengan masalah, keluhan, saran, dan lainnya kepada manajemen perusahaan. Dengan cara ini, ia mengkomunikasikan masalah pekerja dan membawanya ke pemberitahuan manajemen.

Penanganan Keluhan

Supervisor dapat menangani keluhan pekerja secara efektif, sebab itu ia harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Dia bisa berhubungan langsung dengan pekerja.
  • Dengan memenangkan kepercayaan para pekerja dengan memecahkan masalah mereka.
  • Dengan mengambil masalah pekerja dengan alasan kemanusiaan.
  • Jika dia tidak dapat mengatasinya secara mandiri, dia dapat mengambil bantuan dan saran manajemen untuk menyelesaikannya.

Pelaporan

Seorang supervisor mendapat peran penting untuk melaporkan tentang biaya, kualitas, dan output apa pun yang dapat bertanggung jawab untuk meningkatkan produktivitas. Faktor-faktor seperti biaya, output, kinerja, kualitas, dll dapat dilaporkan terus menerus kepada manajemen.

Memperkenalkan metode kerja baru

Supervisor harus sadar tentang lingkungan pasar dan persaingan saat ini. Karena itu ia dapat berinovasi dalam teknik produksi. Dia dapat menggeser para pekerja ke dalam jadwal baru jika memungkinkan.

Dia juga dapat mencoba yang terbaik untuk terus berubah dan meningkatkan lingkungan fisik di sekitar para pekerja. Ini akan menghasilkan:

  • Produktivitas yang lebih tinggi
  • Semangat Pekerja yang Tinggi
  • Kondisi kerja yang memuaskan
  • Meningkatkan hubungan manusia
  • Keuntungan Lebih Tinggi
  • Stabilitas tinggi

Menegakkan Disiplin

Seorang supervisor dapat melakukan banyak langkah untuk menjaga kedisiplinan pekerja dengan cara mengatur atau pemeriksaan dan tindakan, ketegasan dalam pesanan dan instruksi, menjaga tata tertib umum perusahaan, menerapkan aturan dan memberikan hukuman bagi pekerja yang tidak disiplin. Semua langkah di atas membantu meningkatkan disiplin pabrik secara keseluruhan.

0 Response to "Fungsi Supervisor dalam Perusahaan"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4