Jenis-Jenis Periklanan

studi manajemenPeriklanan adalah promosi produk dan layanan perusahaan melalui media yang berbeda untuk
meningkatkan penjualan produk dan layanan. Cara kerjanya dengan membuat pelanggan sadar akan produk dan dengan berfokus pada kebutuhan sehingga pelanggan bisa mengambil keputusan untuk membeli produk.

Secara global, iklan telah menjadi bagian penting dari dunia korporat. Oleh karena itu, perusahaan membagikan sebagian besar pendapatan mereka sebagai anggaran periklanan. Periklanan juga berfungsi untuk membangun merek produk yang akan menghasilkan penjualan yang efektif.

Berikut ini adalah klasifikasi atau pengelompokan jenis-jenis periklanan

1. Iklan Media Cetak

Media cetak telah lama digunakan untuk beriklan. Surat kabar dan majalah adalah mode periklanan yang cukup populer untuk berbagai perusahaan di seluruh dunia. Dengan menggunakan media cetak, perusahaan juga dapat mempromosikan produk mereka melalui brosur dan brosur. Surat kabar dan majalah menjual ruang iklan dan biayanya tergantung pada beberapa faktor

Jumlah ruang, halaman publikasi, dan jenis kertas menentukan biaya iklan. Jadi iklan di halaman depan akan lebih mahal daripada di halaman dalam. Demikian pula iklan dalam suplemen kertas yang mengkilap akan lebih mahal daripada di kertas berkualitas biasa-biasa saja.

2. Iklan Siaran

Jenis iklan ini sangat populer di seluruh dunia. Ini terdiri dari iklan televisi, radio, atau Internet. Iklan di televisi memiliki audiens yang besar dan sangat populer. Biaya iklan tergantung pada panjang iklan dan waktu kemunculan iklan tersebut.

Misalnya, iklan prime time akan lebih mahal daripada yang biasa. Iklan radio tidak seperti dulu setelah munculnya televisi dan Internet, tetapi masih ada audiens khusus untuk iklan radio juga. Radio jingle cukup populer di bagian masyarakat dan membantu menjual produk.

3. Iklan Luar Ruang (Outdoor)

Iklan luar ruang menggunakan berbagai alat untuk menarik perhatian pelanggan. Papan iklan, kios, dan acara serta pameran dagang adalah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan perusahaan. Baliho hadir di seluruh kota tetapi isinya harus sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pelanggan.

Kios adalah outlet produk yang mudah dan berfungsi sebagai outlet informasi bagi masyarakat juga. Mengorganisir acara seperti pameran dagang dan pameran untuk promosi produk atau layanan juga dengan cara mengiklankan produk. Karena itu, iklan luar ruang adalah alat iklan yang efektif.

4. Periklanan Terselubung

Ini adalah cara unik beriklan di mana produk atau pesan secara halus dimasukkan dalam film atau serial TV. Tidak ada iklan yang sebenarnya, hanya penyebutan produk di film. Misalnya, Tom Cruise menggunakan ponsel Nokia di film Minority Report.

5. Iklan Layanan Masyarakat

Sebagaimana terbukti dari judulnya sendiri, iklan tersebut untuk kepentingan umum. Ada sejumlah masalah penting seperti AIDS, integritas politik, konservasi energi, buta huruf, kemiskinan dan sebagainya yang semuanya membutuhkan kesadaran lebih lanjut sejauh menyangkut masyarakat umum.

Jenis iklan ini telah menjadi sangat penting belakangan ini dan merupakan alat yang efektif untuk menyampaikan pesan. Iklan seperti ini biasanya dilakukan oleh pemerintah atau organisasi sosial kemasyarakatan.

0 Response to "Jenis-Jenis Periklanan"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4