Pengertian Analisis Rasio Keuangan

Dalam manajemen keuangan, kita akan lebih banyak menghadapi analisis rasio yang memiliki fungsi sangat banyak dalam analisis laporan keuangan. Banyak yang mengatakan bahwa analisis rasio adalah salah satu dari beberapa metode analisis keuangan yang tertua.

Definisi Analisis Rasio

Pada perkembangannya, analisis rasio awalnya digunakan oleh perbankan untuk menilai kelayakan pemberian dana kepada pihak yang mengajukan peminjaman. Jadi bisa disimpulkan bahwa analisis rasio adalah metode yang digunakan untuk mempelajari atau menganalisis laporan keuangan dari suatu organisasi untuk mengetahui kinerja organisasi tersebut dari sudut pandang keuangan. Analisis rasio memberikan ukuran standar perkembangan dan perubahan kondisi keuangan perusahaan dari waktu ke waktu.

Manfaat Analisis Rasio Keuangan

1. Sebagai Jalan Pintas

Analisis rasio keuangan memberikan semacam aturan heuristik atau praktis yang dapat diterapkan oleh investor untuk memahami posisi keuangan sebenarnya dari suatu perusahaan. Ada nilai yang direkomendasikan yang harus dimasukkan dalam rasio tertentu.

Sedangkan dalam kasus lain, nilai untuk perbandingan berasal dari laporan perusahaan lain atau perusahaan yang sama. Namun, alih-alih melakukan analisis lengkap yang membosankan, rasio keuangan membantu investor memilih perusahaan yang memenuhi kriteria mereka.

2. Sebagai Bahan Intipan

Investor memiliki data terbatas untuk mengambil keputusan. Mereka tidak tahu seperti apa keadaan perusahaan sebenarnya. Laporan keuangan memberikan jendela bagi mereka untuk melihat operasi internal perusahaan.

Analisis rasio keuangan membuat analisis keuangan lebih sederhana. Mereka juga membantu investor membandingkan hubungan antara berbagai laporan laba rugi dan item neraca, memberikan mereka sekilas apa yang sebenarnya terjadi di balik layar di perusahaan.

3. Sebagai Penghubung Antar Pihak

Selama bertahun-tahun investor sudah menyadari bahwa rasio keuangan memiliki kekuatan luar biasa dalam mengungkapkan keadaan sebenarnya dari suatu perusahaan. Analisis seperti Analisis DuPont telah mengedepankan hubungan antar rasio dan bagaimana mereka membantu perusahaan menjadi lebih menguntungkan.

Sumber Data Analisis Rasio

Untuk melakukan analisis rasio keuangan, diperlukan data-data yang valid. Data-data itu dapat diperoleh dari:

1. Laporan Keuangan

Data keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan dan para pesaingnya adalah sumber utama informasi untuk analisis rasio. Ini adalah data primer atau data yang menjadi acuan utama untuk melakukan analisis rasio.

2. Laporan Praktik Terbaik

Ada banyak perusahaan konsultan yang menyusun dan mempublikasikan data tentang berbagai perusahaan. Data ini digunakan untuk pembandingan operasional dan juga dapat digunakan untuk analisis data keuangan.

3. Pasar

Data yang dihasilkan oleh semua aktivitas di bursa juga penting dari sudut pandang analisis rasio. Ada seluruh kelas rasio di mana harga saham dibandingkan dengan pendapatan, arus kas, dan metrik lainnya untuk memeriksa apakah harganya cukup.

0 Response to "Pengertian Analisis Rasio Keuangan"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4