Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia Bagi Organisasi

Sudah menjadi kenyataan bahwa untuk berkembang dalam lingkungan bisnis yang tidak pasti dan bergejolak, perusahaan harus terus berinovasi dan unggul dalam hal praktik dan strategi bisnis. Inilah yang memotivasi untuk menjadi yang terbaik sehingga manajemen sumber daya manusia (MSDM) menjadi alat yang berharga bagi organisasi untuk memastikan kesuksesan.

Menganggap penting terhadap manajemen SDM adalah sebuah pemikiran yang sangat bijak bagi organisasi. Apalagi dengan menerapkan manajemen SDM yang terintegrasi dengan tujuan organisasi, itu lebih memudahkan organisasi untuk mencapai tujuan. Beberapa alasan mengapa manajemen SDM itu penting bagi organisasi adalah sebagai berikut:

Paradigma Bisnis yang Berkembang

Salah satu faktor yang menjadi alasan organisasi memberikan banyak perhatian kepada tenaga kerja mereka adalah sifat perusahaan dilingkungan bisnis. Mengingat bahwa telah ada pola atau gerakan tertentu yang didasarkan pada layanan, penting bagi perusahaan yang bergerak di sektor jasa untuk menjaga karyawan mereka termotivasi dan produktif.

Bahkan di sektor manufaktur dan tradisional memiliki kebutuhan untuk tetap kompetitif.  Perusahaan di sektor ini menggunakan strategi yang memanfaatkan sumber daya mereka secara efektif. Kondisi bisnis yang selalu berubah ini muncul sebagai akibat dari perubahan paradigma dalam cara menjalankan bisnis dan perusahaan memandang tenaga kerja mereka lebih dari sekadar sumber daya.

Manajemen Strategis dan SDM

Ada kebutuhan untuk menyelaraskan tujuan organisasi dengan strategi SDM untuk memastikan bahwa ada keselarasan kebijakan tenaga kerja dengan kebijakan manajemen. Ini berarti bahwa departemen SDM tidak lagi dapat dilihat sebagai pelengkap dari perusahaan tetapi sebaliknya merupakan organ vital dalam memastikan keberhasilan organisasi.

Tujuan dari manajemen strategis adalah untuk memberikan kepekaan arah dan kepekaan tujuan pada organisasi. Manajemen SDM saat ini dibanyak industri dianggap sama seriusnya dengan fungsi pemasaran dan produksi.

Pentingnya Manajemen SDM untuk Keberhasilan Organisasi

Praktek manajemen SDM harus dilihat dari sudut pandang tujuan strategis keseluruhan untuk organisasi, bukan secara terpisah yang mengambil pendekatan berbasis unit atau mikro. Idenya di sini adalah untuk mengadopsi perspektif holistik terhadap manajemen SDM yang memastikan bahwa tidak ada strategi sedikit demi sedikit. Kebijakan manajemen SDM melibatkan dirinya sepenuhnya dengan semua orang yang terlibat dalam pencapaian tujuan organisasi.

Kesimpulannya adalah, pelaksanaan manajemen SDM perlu diintegrasikan dengan strategi keseluruhan untuk memastikan penggunaan SDM yang efektif dan memberikan pengembalian yang lebih baik bagi organisasi dalam hal RoI (Return of Investment) untuk setiap uang atau biaya yang dihabiskan untuk mereka.

0 Response to "Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia Bagi Organisasi"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4