Pentingnya Pelatihan Tenaga Kerja

pelatihan tenaga kerja
Setelah proses orientasi selesai, saatnya melakukan proses pelatihan kepada tenaga kerja baru. Namun ada juga pelatihan yang dilaksanakan untuk tenaga kerja lama dengan tujuan untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Pelatihan tenaga kerja adalah proses meningkatkan keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan tenaga kerja untuk melakukan pekerjaan tertentu. Proses pelatihan membentuk pemikiran dan menghasilkan kinerja yang berkualitas.

Pelatihan sangat penting untuk pengembangan dan keberhasilan organisasi. Ini bermanfaat baik bagi pengusaha maupun karyawan organisasi. Seorang karyawan akan menjadi lebih efisien dan produktif jika ia dilatih dengan baik.

Pelatihan tenaga kerja dilakukan organisasi atas beberapa pertimbangan berikuti ini:
  • Tenaga kerja yang baru bergabung dengan organisasi diberi pelatihan. Pelatihan ini membiasakan mereka dengan misi organisasi, visi, peraturan dan regulasi serta kondisi kerja.
  • Tenaga kerja lama dilatih untuk menyegarkan dan meningkatkan pengetahuan mereka.
  • Jika ada pembaruan dan perubahan yang terjadi dalam teknologi, pelatihan diberikan untuk mengatasi perubahan itu. Misalnya, membeli peralatan baru, perubahan teknik produksi, pemasangan komputer. Para karyawan dilatih tentang penggunaan peralatan baru dan metode kerja.
  • Ketika promosi dan pertumbuhan karier menjadi penting. Pelatihan diberikan agar karyawan siap untuk berbagi tanggung jawab pekerjaan tingkat yang lebih tinggi.
Manfaat dari pelatihan tenaga kerja adalah sebagai berikut :
  • Meningkatkan moral karyawan - Pelatihan membantu karyawan untuk mendapatkan keamanan kerja dan kepuasan kerja. Semakin puas karyawan itu dan semakin besar moralnya, semakin ia akan berkontribusi pada keberhasilan organisasi dan semakin sedikit akan absensi dan turnover karyawan.
  • Kurang pengawasan - Seorang karyawan yang terlatih akan terbiasa dengan pekerjaan itu dan akan membutuhkan lebih sedikit pengawasan. Dengan demikian, akan ada lebih sedikit pemborosan waktu dan upaya.
  • Lebih sedikit kecelakaan - Kesalahan mungkin terjadi jika karyawan tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Semakin seorang karyawan terlatih, semakin sedikit peluang untuk melakukan kecelakaan kerja dan semakin mahir karyawan itu.
  • Peluang promosi - Karyawan memperoleh keterampilan dan efisiensi selama pelatihan. Mereka menjadi lebih memenuhi syarat untuk promosi. Mereka menjadi aset bagi organisasi.
  • Peningkatan produktivitas - Pelatihan meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan. Karyawan yang terlatih menunjukkan kinerja kuantitas dan kualitas. Ada lebih sedikit pemborosan waktu, uang, dan sumber daya jika karyawan dilatih dengan benar.

Metode Pelatihan

1. Pelatihan di tempat kerja

Metode pelatihan di tempat kerja adalah metode yang diberikan kepada karyawan dalam pekerjaan sehari-hari yang menjadi perhatian. Ini adalah metode pelatihan yang sederhana dan hemat biaya. Karyawan yang tidak cakap dan semi-cakap dapat dilatih dengan baik dengan menggunakan metode pelatihan tersebut.

Para karyawan dilatih dalam skenario kerja aktual. Moto dari pelatihan semacam itu adalah “belajar sambil melakukan.” Contoh dari metode pelatihan di tempat kerja tersebut adalah rotasi pekerjaan, pembinaan, promosi sementara, dan lainnya.

2. Off the job training

Metode off the job training adalah metode di mana pelatihan disediakan jauh dari kondisi kerja yang sebenarnya. Biasanya digunakan untuk karyawan baru. Contoh dari metode pelatihan di luar pekerjaan adalah lokakarya, seminar, konferensi, dll. Metode seperti itu mahal dan efektif jika dan hanya jika sejumlah besar karyawan harus dilatih dalam waktu singkat.

Pelatihan di luar pekerjaan juga disebut sebagai pelatihan ruang depan, yaitu, karyawan dilatih di area terpisah (mungkin aula, pintu masuk, area penerimaan, dll. Dikenal sebagai ruang depan) di mana kondisi kerja aktual digandakan.

0 Response to "Pentingnya Pelatihan Tenaga Kerja"

Post a Comment

Tanggapan Anda?

1

2

3

4