Tujuan Deskripsi Pekerjaan

studi manajemen
Tujuan dari deskripsi pekerjaan bisa dibagi dalam dua kelompok, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari kedua pembagian tujuan deskripsi pekerjaan:

Tujuan Umum

Tujuan umum deskripsi pekerjaan biasanya digunakan oleh organisasi untuk menemukan informasi yang sangat mendasar tentang lowongan pekerjaan tertentu. Meskipun data termasuk tugas pekerja tetapi tidak mengandung pembagian tugas, standar kinerja dan dasar untuk mengevaluasi pekerjaan dan membuat paket kompensasi yang tepat.

Manfaat utama dari deskripsi pekerjaan tujuan umum adalah tidak menghabiskan banyak waktu dan dengan cepat memberikan informasi dasar kepada manajer. Itu tidak membutuhkan banyak upaya manusia dan sangat mudah dan nyaman untuk dilakukan. Selain itu, seorang analis pekerjaan tidak harus melakukan penelitian mendalam untuk mengumpulkan rincian yang diperlukan.

Yang menjadi kerugian erugian utama dari deskripsi pekerjaan tujuan umum adalah bahwa hal itu tidak memberikan manajer informasi lengkap tentang konteks pekerjaan dan sub tugas. Terkadang, seorang manajer mungkin gagal mengekstrak informasi yang benar dari sejumlah kecil data.

Tujuan Khusus

Tujuan khusus deskripsi pekerjaan mencakup informasi terperinci tentang tanggung jawab pekerjaan seorang karyawan. Ini juga mencakup sub tugas, fungsi penting dan tugas pekerjaan yang terperinci. Ini melibatkan sejumlah besar detail seperti apa yang perlu dilakukan seorang karyawan, bagaimana hal itu harus dilakukan dan apa standar kinerja, dan lainnya.

Manfaat utama dari deskripsi pekerjaan tujuan khusus adalah bahwa ia menawarkan informasi yang cukup untuk mengevaluasi kinerja pekerjaan dan menentukan kebutuhan pelatihan karyawan. Ini berfungsi sebagai dasar untuk semua proses SDM lainnya termasuk rekrutmen dan seleksi, penilaian kinerja, keputusan kompensasi dan banyak lagi.

Meskipun membantu manajer dalam proses pengambilan keputusan tetapi memiliki keterbatasan sendiri. Namun, prosesnya mungkin memakan waktu sangat lama dan menghabiskan banyak upaya manusia. Karena, itu melibatkan pengumpulan informasi terperinci; sifat bias dari analis pekerjaan dapat menyebabkan masalah parah. Data yang dikumpulkan mungkin tidak sepenuhnya terjamin asli.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa informasi yang dikumpulkan selama analisis pekerjaan menentukan tujuan deskripsi pekerjaan. Jika data yang dikumpulkan sangat mendasar, itu hanya akan melayani tujuan umum dan karenanya, tidak dapat digunakan untuk membuat keputusan manajemen. Di sisi lain, data terperinci melayani tujuan spesifik dan dapat dengan mudah digunakan saat membuat keputusan penting.

1

2

3

4